Powered By Blogger

Jumat, 09 Maret 2012

HIKMAH DIBALIK MUSIBAH

       Setiap musibah yang menimpa kita pasti akan ada hikmah yang bisa dipetik untuk kebaikan kita. Ungkapan tersebut bukan hanya slogan belaka atau nyanyian manis untuk menghbur hati seseorang yang lagi terkena musibah. Adalah sebuah kenyataan yang saya sendiri juga mengalaminya di berbagai perjalanan hidupku  sering dilalui dengan berbagai musibah yang menimpaku. Berbagai peristiwa yang selama ini mewarnai perjalanan hidupku adalah saksi bahwa kehidupan ini memang butuh perjuangan yang tidak ringan.
    Kini aku sadar bahwa musibah , cobaan, ujian atau apapun namanya adalah bagian dari alur cerita yang mesti kita jalani. Karena kejadian apapun yang menimpa kita merupakan pelajaran yang sangat berharga untuk kita agar kelak bisa mendapat nilai lebih. Jadi ibarat anak sekolah semakin tinggi kelasnya maka soal yang diberikan dalam ujian akan semakin sukar dibanding dengan soal saat masih di kelas bawah.
     Say a sendiri merasa sudah sering mengalami ujian atau cobaan yang berat. Saat masih anak anak ibundaku meninggal, itu tentu ujian seberapa besar ketabahanku saat masih kanak kanak. Kemudian raibnya ijasah SMAku waktu pulang kerja di surabaya juga merupakan ujian yang pahit dalam kehidupanku. Beberapa tahun kemudian Ayahku meninggal sehingga aku harus belajar bertanggung jawab dengan keluarga terutama adik adikku. Dan yang teramat sangat dahsyat musibah yang menimpaku adalah saat kecelakaan kerja di Tenggarong Kalimantan Timur pada Agustus 2003 yang menyebabkan kaki kananku terpaksa harus diamputasi.
     Alhamdulillah walaupun melalui berbagai cobaan yang berat dalam kehidupan ini, aku bisa melaluinya sampai saat ini. Aku yakin tidak semua orang mampu menghadapi cobaan yang berat, dan Allah memberikan cobaan pada kita tentu ada maksud dan tujuanya. Aku diberikan cobaan sedemikian rupa salah satunya adalah karena aku kuat untuk menghadapinya. Logikanya kalau kita sudah terbiasa dengan soal yang sulit maka kalau dapat soal yang mudah tentu akan lebih lancar untuk menyelesaikannya,
  Wallahualam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar